Sabtu, 10 Maret 2012

Mesin Pencari (Search Engine)

Mesin Pencari(Search Engine)
Mesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web.
1.      Google
Google Inc merupakan sebuah perusahaan publik Amerika multinasional berinvestasi dalam pencarian Internet, komputasi awan, dan teknologi periklanan. Google host dan mengembangkan sejumlah layanan berbasis Internet dan produk, dan menghasilkan keuntungan terutama dari iklan melalui program AdWords-nya. Perusahaan ini didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin, sering dijuluki "Google orang” sementara dua menghadiri Stanford University sebagai kandidat PhD. Ini pertama kali didirikan sebagai perusahaan swasta pada 4 September 1998, dan penawaran umum perdana diikuti pada tanggal 19 Agustus 2004. Telah diperkirakan bahwa Google berjalan lebih dari satu juta server di pusat data di seluruh dunia, dan proses permintaan pencarian lebih dari satu miliar dan sekitar dua puluh empat petabyte pengguna-data yang dihasilkan setiap hari.
ü Cara mengakes Google:
·         Buka web browser IE, Firefox atau Google Chrome,
·         Pada address bar ketikkan URLhttp://www.google.com
·         Pada halaman utama mesin pencari ini terdapat menu utama berupa kolom tempat memasukkan kata kunci mengenai informasi yang akan dicari.  
ü Keunggulan Google:
·         Kecepatan dan kemudahan dalam mencari. lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
·         Tampilan yang sederhana.
·       Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cache. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
·         Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.
ü Kelemahan Google:
·     Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.

2.      Yahoo
Yahoo adalah salah satu portal terbesar di Internet, selain MSN., dan juga salah satu mesin pencari tertua. Halaman utamanya sendiri tidak terlalu ramah untuk pencarian, tetapi Yahoo! menyediakan search.yahoo.com untuk itu. Yahoo! menggunakan jasa Google untuk mencari informasi di web, ditambah dengan informasi dari databasenya sendiri. Kelebihan Yahoo! adalah direktorinya. Yahoo! juga menyediakan pencarian yellow pages dan peta, yang masih terbatas pada Amerika Serikat. Yahoo juga menyediakan pencarian gambar.
ü Cara mengakses Yahoo:
·         Buka web browser IE, Firefox atau Google Chrome,
·         Pada address bar ketikkan URL http://www.yahoo.com
·         Pada halaman utama mesin pencari ini terdapat menu utama berupa kolom tempat memasukkan kata kunci mengenai informasi yang akan dicari. Selain itu terdapat berita atau info terkini.
ü Keunggulan Yahoo:
·         Carta surat menyurat modern untuk membuat orang menjadi lebih maju
·         Salah satu web yang menyediakan layanan fasilitas gratis
·         Salah satunyapun yang anda bilang, bila di refresh cepat
·         Banyak fasilitas yang disediakan, seperti: Y!A Y!A Y! mail Y! 360 dan lain2
·         Sudah ada di banyak negara
ü Kelemahan Yahoo:
·         Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
·         Teralu mudah untuk membuat id, sehingga kadang-kadang disalah gunakan
·         Fitur Y!M msh sangat kalah jauh dengan IM keluaran windows
·         Skin untuk Y!M msh sangatlah simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak
3.      Live Search
Pengembangan yang terus dilakukan oleh Microsoft menghasilkan keputusan untuk memisahkan mesin pencari dengan Windows Live. Pada akhirnya Microsoft mengubah nama mesin pencarinya menjadi Live Search, yang kemudian dikonsolidasikan dengan Microsoft adCenter. Reorganisasi yang dilakukan ini, menimbulkan banyak perubahan dalam kebijakan, misalnya menghentikan beberapa produk seperti Windows Live Expo, Live Search Macros, dan sebagainya.
  ü Keunggulan Live Search : 
·         Mampu mencari  informasi yang lebih spesifik dari pada google baik berupa baik berupa web  site, berita, gambar, musik, atau yang lainnya.
ü Kekurangan Live Search :
·         Kurang dikenal oleh banyak orang karena merupakan produk baru keluaran Google.
4.      WebClawer
WebClawler atau yang dikenal juga dengan istilah web spider bertugas untuk mengumpulkan semua informasi yang ada di dalam halaman web. Web crawler bekerja secara otomatis dengan cara memberikan sejumlah alamat website untuk dikunjungi serta menyimpan semua informasi yang terkandung didalamnya. Setiap kali web crawler mengunjungi sebuah website, maka dia akan mendata semua link yang ada dihalaman yang dikunjunginya itu untuk kemudian di kunjungi lagi satu persatu. 
  ü Cara mengakses WebClawler :
Point awal berupa sebuah link alamat website dan dibuka pada browser, lalu browser melakukan request dan men-download data dari web server melalui protokol HTTP. Setiap Hyperlink yang ditemui pada konten yang tampil akan dibuka lagi pada windows/tab browser yang baru, demikian proses terus berulang. Nah sebuah web crawler mengotomatisasikan pekerjaan itu.
  ü Keunggulan WebClawer:
·         Mengetahui lebih detail tentang sebuah situs di internet.
·         Mampu mengeksplorasi  rincian informasi sebuh situs dengan cepat
  ü Kelemahan WebClawler :
·         Halaman-halaman yang lamban saat dipanggil mungkin dilewati begitu saja
·         Kurang efisien saat mengeksplorasi situs.
5.      LookSmart
Look Smart bukanlah search engine, tapi mempunyai pengaruh besar juga dalam pencarian data di internet. Directori ini berbagi database yang sudah dibuatkan kategorinya berupa link dengan MSN, Home.net, CNN, dan Time Warner. Situs ini merupakan yang termasuk berbayar. 
ü Kelebihan Look Smart : 
·         Menyediakan produk iklan pencarian dan layanan kepada pengiklan teks
  ü Kekurangan Look Smart : 
·         Bukan situs web yang gratis 
6.      MSN
Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah.
  ü Cara mengakses MSN:
                ·          Buka browser IE, Firefox, atau google chrome
                ·          Ketik http://www.msn.com
             ·          Pada halaman utama mesin pencari ini terdapat kotak pencarian dan berita atau info terkini. Sama persis ketika anda mengakses yahoo!
  ü Keunggulan:
·         Mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam format file spesial.
  ü Kekurangan
·         Pencarian. Dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
·         Pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya.
·         Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.
7.      WiseNut
Searchenginesshowdown.com pada awal Maret 2002 menyatakan bahwa banyaknya informasi atau situs yang ditampung oleh database Wisenut.com adalah sekitar 579 juta buah. Sedangkan Wisenut.com mengklaim sekitar 1,5 miliar buah yang telah masuk dalam databasenya. Wisenut.com, sebagaimana layaknya sebuah search engine generasi terbaru, bebas dari banner iklan dan aneka image yang memberatkan. Tampilannya yang sederhana mempercepat mengaksesan halaman depan dan proses penampilan hasil yang dicari. Wisenut.com mampu mencari informasi ke konten dengan 25 bahasa dunia yang berbeda, tetapi tidak ada bahasa Indonesia. 
  ü Kelebihan Wisenut :
·         Dapat memfilter situs-situs pornografi.
·         Tedapat 25 ahasa yang berbeda
  ü Kekurangan Wisenut : 
·         Tidak dapat diakses dengan bahasa Indonesia